Seberapa Sering Sebuah Brand Harus di Make Over?

Sama seperti rambut dan penampilan Anda, sangat penting melakukan evaluasi ulang terhadap personal/profesional brand Anda untuk menentukan apakah ini waktu yang tepat untuk merubah beberapa hal atau bahkan melakukan perubahan total dari brand Anda. Kenapa? Ya, siapa yang tidak suka dengan bertambahnya profit atau terbukanya berbagai kesempatan baru bagi bisnis?

Saya selalu mendefinisikan kata “brand” sebagai karakter, baik dari penampilan luar maupun dari sikap / servisnya. Bagaimana customer berhubungan dengan bisnis Anda, dan bagaimana mereka memandang bisnis Anda, servis dan produk Anda, semua itu membentuk karakter bisnis Anda dibenak customer.

Jika Anda mengikuti perkembangan dunia tech startup, Anda pasti mengenal aplikasi Uber. Tech startup yang berfokus pada on-demand ridesharing tersebut beberapa waktu lalu merubah penampilan brandnya secara keseluruhan. Banyak pihak yang mempertanyakan apakah keputusan tersebut baik atau buruk, dan pentingkah untuk Uber sendiri melakukan rebranding tersebut secara keseluruhan. Dari berbagai forum di internet dan media sosial, banyak sekali pihak yang mengkritik perubahan Uber tersebut. Yang paling terlihat adalah perubahan drastis logo perusahaan, dimana sebelumnya logo Uber adalah berupa huruf U, dan typeface berkarakter thin, sekarang berubah menjadi logo berupa lingkaran dengan typeface yang bold.

Kiri — Logo Awal Uber. Kanan — Logo Baru Uber

Beberapa perusahaan tidak perlu untuk selalu melakukan perubahan besar terhadap brandnya selama mereka masih mampu untuk memberikan komunikasi brand dengan baik kepada customernya. Lihat saja Facebook dan Google, yang merubah sedikit bentuk logo mereka dalam beberapa waktu kemarin, tetapi perubahan tersebut begitu halus sehingga jangan heran tidak semua orang mengetahuinya, bahkan mungkin Anda baru mengetahui setelah membaca tulisan ini.

Namun tetap saja, mereka melakukan perubahan terhadap brand mereka. Dalam dunia konsumeritas yang begitu cepat berjalan saat ini, seberapa sering seharusnya bagi sebuah brand untuk berubah agar tetap relevan dengan customer?

Hal tersebut bergantung dari customer atau perusahaan Anda yang berubah begitu drastis. Sebuah brand dari sebuah perusahaan harus melakukan perubahan ketika ingin mendapatkan pertumbuhan yang besar, seperti segmen konsumen baru. Hal ini bisa terjadi ketika suatu perusahaan melihat pergeseran tren konsumsi customer, atau ketika perusahaan tersebut sedang terkena / sudah melewati sebuah masalah dan berusaha bangkit untuk mendapatkan pangsa pasarnya kembali. Mereka membutuhkan perubahan, baik kecil maupun besar untuk tetap relevan dengan perubahan dan mengikuti pasar.

Seperti ini, jika sebuah brand sedang bergeser untuk merubah pasar dan menjadi disruptive, dan membuat kompetitor baru bermunculan, perusahaan tersebut perlu untuk melakukan perubahan besar-besaran. Dan yang dimaksud perubahaan besar tersebut mulai dari pesan-pesan yang disampaikan ke customer, elemen desain visual dan lainnya, customer service, produk, distribusi, identitas brand, dan lain-lain.

Bagi Anda yang memiliki bisnis dan membangun merek, perlu Anda sadari bahwa perubahaan mutlak dilakukan dijaman sekarang, dimana pasar saat ini begitu fluid dan sangat cepat sekali berubah.

Tetapi perubahan tersebut tidak ada aturan untuk timeframenya, apakah perlu 6 bulan sekali, setahun sekali, atau 3 tahun sekali. Tidak harus melakukan perubahan besar-besaran, tergantung bagaimana kondisi pasar dan industri yang Anda jalani. Ada beberapa cara untuk mengetahui apakah brand Anda perlu berubah. Salah satunya dengan melihat apakah kondisi industri bisnis Anda sudah mulai padat, dan market share bisnis Anda stagnan, atau malah menurun. Atau bisa juga ketika brand Anda tidak selaras dengan segmen pasar yang dituju. Hal itu bisa menjadi indikator apakah brand Anda perlu berubah.

Menyegarkan kembali brand Anda bukan hanya merubah logo, atau mengupdate website bisnis Anda. Ini tentang bagaimana Anda mendefinisikan apa yang Anda tawarkan sebagai perusahaan yang membuat Anda menonjol dan memberikan customer sebuah alasan untuk memilih Anda dan bukan kompetitor. Dan hal tersebutlah yang menjadikan sebagai hal yang vital bagi bisnis kecil yang sedang bertumbuh.

I help your brand grow 13X sustainably | Branding Consultant | Connect with me on Linkedin: https://www.linkedin.com/in/allenherlambang/