Dasar-Dasar Branding

Penting untuk kalian pahami demi kemajuan bisnis kalian!

Branding adalah salah satu aspek terpenting dalam bisnis, baik itu UKM atau korporasi, retail atau B2B. Sebuah strategi branding yang efektif akan sangat membantu kamu agar bisa selalu menjadi yang terdepan dalam persaingan bisnis yang semakin kompetitif. Tetapi apa sebenarnya branding itu sendiri? Bagaimana branding bisa memberikan efek kepada bisnis kamu yang masih kecil?

Gampangnya, sebuah brand adalah sebuah janji yang akan kamu berikan kepada customer. Membangun branding, berarti memberikan kepada customer ekspektasi seperti apa saja yang bisa diberikan oleh bisnismu, dan dengan branding mampu memberikan diferensiasi dari penawaran bisnismu. Brand yang kamu bangun berasal dari dirimu sendiri, bagaimana kamu ingin membangun bisnis ke depannya, bagaimana kamu mempersepsikan bisnismu dan seperti apa bisnis kamu ingin dipersepsikan oleh customer.

Apakah bisnismu adalah bisnis yang berfokus pada inovasi? Atau bisnismu adalah bisnis konvensional yang berpengalaman dibidangnya bertahun-tahun dan dapat diandalkan? Apakah produk produk atau jasa yang kamu tawarkan adalah high-cost, high-quality option, atau low-cost, high-value option? Bisnismu tidak bisa menjadi kedua-duanya, bahkan tidak bisa menjadi segala hal yang diinginkan oleh customer. Seperti apa bisnismu dibentuk haruslah didasarkan dari batas tertentu seperti siapa target customermu, dan seperti apa permintaan serta keinginan dari target customer.

Pondasi visual dari branding adalah logo untuk bisnismu. Website, kemasan produk, dan segala bentuk materi promosi — dimana semua harus mengintegrasikan logo — harus mampu mengomunikasikan pesan dari brandmu tersebut.

Membangun Brand Strategi dan Brand Equity

Brand strategy adalah apa, bagaimana, dimana, kapan, dan kepada siapa kamu merencanakan untuk mengomunikasikan dan mengirim pesan-pesan brandmu. Dimana kamu beriklan adalah bagian dari strategi marketingmu, tapi bagaimana kamu membuat pesan secara verbal dan visual untuk iklan tersebut adalah strategi brandingmu.

Brand strategy yang konsisten akan mengarahkan kepada brand equity yang kuat, yang artinya akan mampu mendongkrak nilai tambah dari produk dan jasa yang diberikan oleh bisnismu kepada konsumen, bila dibandingkan dengan produk dan jasa yang sama persis tanpa menggunakan brand. Contoh paling mudah dilihat adalah Coke vs soda generik. Karena Coca Cola telah membangun brand equity yang kuat, mereka mampu mengenakan biaya lebih atas produk-produk mereka, karena mereka telah membentuk sebuah nilai tambah brand— dan konsumen tetap akan membayar harga yang dikenakan brand tersebut.

Nilai tambah yang terlihat dan terdapat dalam sebuah brand seringkali datang dalam bentuk kualitas yang dirasakan dan dalam bentuk ikatan emosional. Contohnya, Nike diasosiakan dengan berbagai atlet bintang, berharap pelanggan akan menyalurkan ikatan emosional mereka dari para atlet yang mereka pasang dalam berbagai media komunikasi Nike. Hal itu mereka lakukan untuk berupaya membuat konsumen mereka seperti seorang atlet, dan Nike tahu caranya untuk membentuk ikatan emosional dengan konsumen mereka.

Mendefinisikan Brandmu

Mendefinisikan brandmu seperti perjalanan dalam pencarian jati diri. Hal ini bisa berjalan dengan banyak tantangan, memakan waktu, dan seringkali akan membuat tidak nyaman diri kamu. Hal ini memerlukan, paling tidak, jawaban dari beberapa pertanyaan dibawah ini:

  • Apa visi dan misi dari bisnis yang kamu bangun?
  • Apa keuntungan dari memakai produk atau jasa bisnismu?
  • Apa yang kamu ingin konsumen pikirkan tentang brandmu?
  • Kualitas brand seperti apa yang ingin kamu persepsikan kepada pelanggan?

Lakukan risetmu sendiri. Pelajari kebutuhan, perilaku, dan keinginan dari calon konsumen saat ini atau calon konsumen. Kamu bisa melakukannya dengan membuat interview sampel dengan beberapa orang. Yang terpenting, jangan pernah berasumsi tentang apa yang konsumen pikirkan.

Mendefinisikan brand serta mengembangkan strategi brand adalah hal yang kompleks, pertimbangkanlah untuk menggunakan jasa dari konsultan brand atau agency yang memang memiliki keahlian dalam membangun brand.

Setalah Anda membuat definisi dan strategi brandmu, bagaimana caranya agar brandmu dapat dikenal? Berikut ini beberapa tips simpel:

  • Buatlah logo brandmu. Buat logo yang paling merepresentasikan tentang brandmu. Pasang diseluruh media komunikasi yang brandmu gunakan.
  • Tulislah pesan-pesan kunci dari brandmu. Apa saja pesan kunci yang ingin kamu sampaikan? Setiap pegawaimu juga harus memahami setiap atribut dan pesan brandmu yang ingin disampaikan.
  • Integrasikan brandmu. Branding adalah hal yang pasti menjalar ke setiap aspek dari bisnismu. Bahkan, bagaimana cara tim customer support berbicara dengan konsumen di telepon, e-mail signature, desain seragam perusahaanmu, semua hal hingga hal terkecil pun bercerita tentang brand yang kamu buat.
  • Buatlah “suara” yang mampu merefleksikan brandmu. Suara ini harus diaplikasikan keseluruh materi komunikasi brand secara tertulis maupun visual, baik online maupun offline. Apakah brandmu adalah brand yang ramah terhadap lingkungan? Atau brand yang memiliki passion terhadap hal-hal sosial?
  • Kembangkan Tagline. Buatlah tagline yang ringkas, mudah diingat, serta memiliki arti, yang mampu memperlihatkan esensi dari brandmu. Kamu bisa melihat contohnya dari Nike.
  • Buat template desain dan standar brand untuk materi marketing. Gunakan tema warna, penampilan, feel, dan logo yang konsisten. Brandmu tidak perlu terlihat selalu indah, yang terpenting adalah konsistensi.
  • Be true to your brand. Konsumen tidak akan pernah kembali kepada kamu jika kamu tidak pernah bisa memberikan nilai brandmu yang kamu janjikan kepada mereka.
  • KONSISTEN. Saya berikan poin konsisten di poin terakhir dan yang paling penting. Konsistensi disini meliputi semua hal yang saya sampaikan mulai dari kalimat awal blog ini. Jika kamu tidak bisa konsisten membangun brandmu, semua usahamu untuk membangun brand akan sia-sia.

I help your brand grow 13X sustainably | Branding Consultant | Connect with me on Linkedin: https://www.linkedin.com/in/allenherlambang/

I help your brand grow 13X sustainably | Branding Consultant | Connect with me on Linkedin: https://www.linkedin.com/in/allenherlambang/